Pemrosesan
data akuntansi didalam MYOB dikategorikan dalam tiga langkah utama, yaitu :
1.
Tahap Penyiapan data Awal
2.
Entry Data Transaksi
3.
Tahap Pelaporan
1. Tahap Penyiapan Data Awal
Tahap ini merupakan tahap yang
paling rumit dalam MYOB. Dalam tahap ini pengguna/user harus benar-benar
memperhatikan setiap langkah dengan teliti. Kesalahan pada tahap ini akan
menyebabkan kesalahan pencatatan dan laporan yang akan dihasilkan. Beberapa
pekerjaan yang harus dikerjakan pada tahap ini meliputi :
a.
Penyiapan data perusahaan dan informasi
akuntansi berupa profil perusahaan dan tahun pembukuan akuntansi serta lokasi
penyimpanan data.
b.
Daftar akun (chart
of account). Walaupun MYOB sudah menyediakan daftar akun, namun sering
sekali akun yang sudah disediakan tidak sesuai dengan kebutuhan pengguna/user.
Untuk itu diperlukan penyusunan akun sesuai kebutuhan perusahaan.
c. Tax Code. Menjadi
sangat penting bagi perusahaan yang dalam melakukan transaksi bisnisnya
berkaitan dengan perpajakan. Penetapan kode pajak di awal ini untuk mendapatkan
perhitungan otomatis pada saat pencatatan transaksi yang berhungungan dengan
perpajakan, misalnya transaksi penjualan yang ada PPN Keluaran.
d. Linked
account. Penetapan ini berfungsi untuk membuat hubungan transaksi tertentu
dengan akun yang lazim digunakan untuk pencatatan. Hal ini menjadi sangat
penting mengingat pencatatan dalam MYOB Accounting menggunakan form-form khusus
sehingga dengan adanya linked account, form
tersebut sudah dengan sendiri terhubung dengan akun yang dipilih.
e. Daftar Pemasok (Supplier) dan Daftar Pelanggan (costumers). Tahapan ini dilakukan jika
perusahaan memang sudah memiliki data pemasok dan pelanggan sebelumnya. Fungsi
langkah ini sebagai penyiapan untuk menyusun buku besar pembantu.
f. Daftar persediaan (item list). Merupakan proses pengisian daftar persediaan, terutama
barang dagang. Namun mengingat aplikasi MYOB tidak dilengkapi dengan modul
aktiva tetap, sehingga Item List juga sering digunakan untuk aktiva tetap.
g. Pengisian Saldo Awal (Opening Balanced). Baik saldo awal terhadap masing-masing akun
maupun saldo awal atas buku besar pembantu dari masing-masing costumer dan
supplier.
2. Enty Data Transaksi
Tahap ini dilakukan dengan tujuan
menghasilkan catatan akuntansi dari setiap transaksi. Entri data transaksi
dilakukan pada form-form yang disediakan.
3. Tahap Pelaporan
Tahap pelaporan merupakan tahap
pengelolaan laporan-laporan yang dihasilkan dari tahap entri data transaksi.
Selain pengelolan laporan termasuk dalam tahap ini juga termasuk proses
penutupan buku akhir tahun.
terimakasihhh
ReplyDelete