Thursday, June 12, 2014

MYOB (ALUR PEMROSESAN DATA AKUNTANSI DENGAN MENGGUNAKAN MYOBAccounting v.18)

Pemrosesan data akuntansi didalam MYOB dikategorikan dalam tiga langkah utama, yaitu :
1.    Tahap Penyiapan data Awal
2.    Entry Data Transaksi
3.    Tahap Pelaporan


1.    Tahap Penyiapan Data Awal
Tahap ini merupakan tahap yang paling rumit dalam MYOB. Dalam tahap ini pengguna/user harus benar-benar memperhatikan setiap langkah dengan teliti. Kesalahan pada tahap ini akan menyebabkan kesalahan pencatatan dan laporan yang akan dihasilkan. Beberapa pekerjaan yang harus dikerjakan pada tahap ini meliputi :
a.    Penyiapan data perusahaan dan informasi akuntansi berupa profil perusahaan dan tahun pembukuan akuntansi serta lokasi penyimpanan data.
b.    Daftar akun (chart of account). Walaupun MYOB sudah menyediakan daftar akun, namun sering sekali akun yang sudah disediakan tidak sesuai dengan kebutuhan pengguna/user. Untuk itu diperlukan penyusunan akun sesuai kebutuhan perusahaan.
c.  Tax Code. Menjadi sangat penting bagi perusahaan yang dalam melakukan transaksi bisnisnya berkaitan dengan perpajakan. Penetapan kode pajak di awal ini untuk mendapatkan perhitungan otomatis pada saat pencatatan transaksi yang berhungungan dengan perpajakan, misalnya transaksi penjualan yang ada PPN Keluaran.
d.  Linked account. Penetapan ini berfungsi untuk membuat hubungan transaksi tertentu dengan akun yang lazim digunakan untuk pencatatan. Hal ini menjadi sangat penting mengingat pencatatan dalam MYOB Accounting menggunakan form-form khusus sehingga dengan adanya linked account, form tersebut sudah dengan sendiri terhubung dengan akun yang dipilih.
e.  Daftar Pemasok (Supplier) dan Daftar Pelanggan  (costumers). Tahapan ini dilakukan jika perusahaan memang sudah memiliki data pemasok dan pelanggan sebelumnya. Fungsi langkah ini sebagai penyiapan untuk menyusun buku besar pembantu.
f.   Daftar persediaan (item list). Merupakan proses pengisian daftar persediaan, terutama barang dagang. Namun mengingat aplikasi MYOB tidak dilengkapi dengan modul aktiva tetap, sehingga Item List juga sering digunakan untuk aktiva tetap.
g.   Pengisian Saldo Awal (Opening Balanced). Baik saldo awal terhadap masing-masing akun maupun saldo awal atas buku besar pembantu dari masing-masing costumer dan supplier.

2.    Enty Data Transaksi
Tahap ini dilakukan dengan tujuan menghasilkan catatan akuntansi dari setiap transaksi. Entri data transaksi dilakukan pada form-form yang disediakan.

3.    Tahap Pelaporan
Tahap pelaporan merupakan tahap pengelolaan laporan-laporan yang dihasilkan dari tahap entri data transaksi. Selain pengelolan laporan termasuk dalam tahap ini juga termasuk proses penutupan buku akhir tahun. 

1 comment: