Sunday, July 13, 2014

Empat alasan Aceh layak jadi tujuan utama investasi


Sindonews.com - Gubernur Nangroe Aceh Darussalam (NAD) Zaini Abdullah mengatakan, Aceh memiliki kekuatan utama untuk dijadikan tujuan utama investasi di wilayah Indonesia bagian barat.


"Setidaknya ada empat kekuatan utama Aceh untuk dijadikan sebagai tujuan utama investasi di wilayah Indonesia bagian barat," ucap dia dalam sambutannya di acara The Aceh Business Forum, Four Seasons Hotel, Jakarta, Selasa (15/4/2014).


Kekuatan pertama Aceh, lanjutnya, letak geografisnya yang sangat strategis di pintu masuk Selat Malaka, sehingga dekat dengan pasar-pasar potensial di Asia, Afrika, Timur Tengah, dan juga Benua Australia.

"Aceh juga memiliki beberapa Undang-Undang (UU) dan peraturan khusus yang pro terhadap investasi, salah satunya UU Nomor 11 tahun 2006 tentang pemerintahan Aceh yang memberi kewenangan kepada Aceh dalam penyelenggaraan pemerintahan," tambah dia.

Dia mengatakan, Aceh juga memiliki Qanun penanaman modal yang berpihak kepada investor. "Dalam waktu dekat Insya Allah akan terbit beberapa turunan dari UU pemerintahan Aceh, salah satunya peraturan pemerintahan tentang minyak dan gas," ungkapnya.

Aceh juga memiliki kawasan pelabuhan bebas Sabang sehingga membuat kawasan Sabang menjadi pusat investasi ideal di masa depan. Kawasan ini pun menurutnya memberikan insentif menarik bagi investor, seperti pembebasan bea masuk dan pembebasan pajak, serta kemudahan dalam perizinan.

"Sumber Daya Alam (SDA) Aceh juga cukup besar dan mudah didapatkan. Seperti komoditas pertanian sumber daya laut, dan sumber daya mineral. Ketersediaan tenaga listrik juga cukup berlimpah karena beberapa sumber energi baru akan segera difungsikan di Aceh," pungkas dia.

0 comments:

Post a Comment